Cermati wacana dan gambar berikut!
Beragam cara ditempuh oleh manusia
untuk mendekatkan diri kepada Sang
Pencipta yaitu Allah Swt. Cara tersebut
ada yang melalui jalan merenung atau
ber-tafakkur atau berżikir. Ada pula
seseorang menjadi dekat dengan Allah
Swt. yang disebabkan oleh musibah
yang menimpanya. Demikianlah Allah
Swt. membuka cara atau jalan bagi
manusia yang ingin dekat dengan-Nya.
Sebagai orang yang beriman, tentu saja
kita harus mampu menempuh cara apa
pun agar dekat dengan Allah Swt.
Kedekatan seorang hamba dengan Tuhannya tentu saja akan mengantarkannya
mendapatkan berbagai fasilitas hidup, yaitu kesenangan dan kenikmatan yang tiada
tara. Bukankah seorang anak yang dekat dengan orang tuanya atau seorang pegawai
bawahan dengan bosnya akan memberikan peluang atas segala kemudahan yang
akan dicapainya.
Jalan lain utuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. adalah melalui żikir. Żikir artinya
mengingat Allah Swt. dengan menyebut dan memuji nama-Nya. Syarat yang sangat
fundamental yang diperlukan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. melalui
żikir adalah kemampuan dalam menguasai nafsu. Selanjutnya menyebut nama
Allah Swt. (al-Asmā’u al-¦usnā) berulang-ulang di dalam hati dengan menghadirkan
rasa rendah hati (tawa««u’) yang disertai rasa takut karena merasakan keagungan-
Nya. Żikir dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Berżikir pun tidak perlu
menghitung berapa jumlah bilangan yang harus diżikirkan, yang penting adalah żikir
harus benar-benar menghujam di dalam kalbu.
Selain melalui żikir, mendekatkan diri kepada Allah Swt. dapat pula dilakukan
melalui perbuatan atau amaliah sehari-hari, yaitu dengan selalu meniatkan bahwa
yang kita lakukan adalah semata-mata hanya karena taat mematuhi aturan main-
Nya. Misalnya, kita berbuat baik kepada tetangga bukan karena ia baik kepada
kita, tetapi semata-mata karena Allah Swt. menyuruh kita untuk berbuat demikian.
Kita bersedekah bukan karena kasihan, tetapi semata-mata karena Allah Swt.
memerintahkan kita untuk mengeluarkan sedekah membantu meringankan beban
orang yang sedang dalam kesulitan. Hal ini mestinya dapat kita lakukan karena
bukankah pada waktu kecil dulu kita mampu patuh melaksanakan perintah dan
nasihat orang tua? Mengapa sekarang kita tidak sanggup patuh pada perintah-
perintah Allah Swt? Jika śalat dapat kita kerjakan karena semata-mata taat mematuhi
perintah Allah Swt., rasanya mustahil bila kita tidak dapat bersikap demikian pada
perbuatan-perbuatan lainnya!
Aktivitas 1:
Kamu tentu pernah mengalami sakit atau musibah baik ringan atau berat. Ceritakan
pengalamanmu tersebut, kemudian bagaimana cara kamu menyikapi kehadiran
Allah saat itu? Apakah Allah akan hadir dengan pertolongan-Nya, ataukah Allah akan
membiarkanmu dalam kesusahan?
Mengkritisi Sekitar Kita
Cermati wacana berikut!
Manusia adalah makhluk yang sering lupa dan sering berbuat kesalahan. “Al-
Ins±nu ma¥allul kha ̄ā wa an-nisyan.” Demikian bunyi sebuah hadis yang artinya,
“manusia itu tempatnya salah dan lupa.” Dalam hadis yang lain, Rasulullah saw.
bersabda, “Kullu Ban3 2dama kha ̄±un wa khairul kha ̄± at-t±ibμna.” (Setiap
keturunan Adam as. pasti melakukan kesalahan, dan orang yang baik adalah yang
kembali dari kesalahan/dosa).
Berdasarkan kedua hadis tersebut, manusia memiliki sifat dan karakter yang
sering berbuat kesalahan dan lupa. Artinya, tidak ada seorang pun yang terbebas
dari kesalahan dan lupa. Namun demikian, tidaklah benar jika dikatakan bahwa
tidak mengapa seseorang melakukan kesalahan dengan dalih bahwa hal tersebut
merupakan sifat manusia.
Sebagai seorang yang beriman, kita dituntut untuk selalu melakukan refleksi
dan perenungan terhadap apa yang telah kita perbuat. Ketika seseorang terlanjur
melakukan kesalahan, bersegeralah ia untuk kembali ke jalan yang benar dengan
bertaubat dan tidak mengulanginya lagi. Demikian pula sifat lupa, ia kadang menjadi
sebuah nikmat dan juga bencana. Lupa bisa menjadi nikmat manakala seseorang
terlupa dengan kejadian sedih yang pernah menimpanya. Dapat dibayangkan,
betapa sengsaranya jika seseorang tidak dapat melupakan kisah sedih yang pernah
dialaminya! Lupa juga dapat menjadi bencana, yaitu ketika dengan lupa tersebut
mengakibatkan kecerobohan dan kerusakan. Banyak di antara manusia karena lupa
melakukan sesuatu mengakibatkan ia melakukan kesalahan yang dapat merugikan
dirinya dan orang lain.
Aktivitas 2:
Kemukakan kesalahan apa saja yang sering kamu lakukan, kemudian bagaimana
upaya kamu agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi! Kemukakan sebanyak-
banyaknya dengan sebenarnya!
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 3
Memperkaya Khazanah Peserta Didik
A. Memahami Makna al-Asmā’u al-¦usnā: al-Kar3m, al-Mu’m3n, al-Wak3l, al-
Mat3n, al-Jāmi’, al-‘Adl, dan al-Ākhir.
1. Pengertian al-Asmā’u al-¦usnā
Al-Asmā’u al-¦usnā terdiri atas dua kata, yaitu asmā yang berarti nama-
nama, dan ¥usna yang berarti baik atau indah. Jadi, al-Asmā’u al-¦usnā dapat
diartikan sebagai nama-nama yang baik lagi indah yang hanya dimiliki oleh
Allah Swt. sebagai bukti keagungan-Nya. Kata al-Asmā’u al-¦usnā diambil
dari ayat al-Qur’ān Q.S. °āhā/20:8. yang artinya, “Allah Swt. tidak ada Tuhan
melainkan Dia. Dia memiliki al-Asmā’u al-¦usnā (nama-nama baik)“.
2. Dalil tentang al-Asmā’u al-¦usnā
a. Firman Allah Swt. dalam Q.S. al-A’rāf/7:180
Artinya: “Dan Allah Swt. memiliki asmā’ul husna, maka bermohonlah
kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan
tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-
nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang
mereka kerjakan.” (Q.S. al A’rāf/7:180)
amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya.
Berdoa dengan menyebut al-Asmā’u al-¦usnā sangat dianjurkan menurut
ayat tersebut.
b. Hadis Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari
Dalam ayat lain dijelaskan bahwa al-Asmā’u al-¦usnā merupakan
Artinya: “Dari Abu Hurairah ra. sesungguhnya Rasulullah saw.
bersabda: Sesungguhnya Allah Swt. mempunyai sembilan puluh sembilan
nama, seratus kurang satu, barang siapa yang menghafalkannya, maka ia
akan masuk surga”. (H.R. Bukhari)
4 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK
Berdasarkan hadis di atas, menghafalkan al-Asmā’u al-¦usnā akan
mengantarkan orang yang melakukannya masuk ke dalam surga Allah
Swt. Apakah hanya dengan menghafalkannya saja seseorang akan
dengan mudah masuk ke dalam surga? Jawabnya, tentu saja tidak, bahwa
menghafalkan al-Asmā’u al-¦usnā harus juga diiringi dengan menjaganya,
baik menjaga hafalannya dengan terus-menerus menżikirkannya, maupun
menjaganya dengan menghindari perilaku-perilaku yang bertentangan
dengan sifat-sifat Allah Swt. dalam al-Asmā’u al-¦usnā tersebut.
Aktivitas 3:
Untuk memperkuat penjelasan di atas, carilah dalil lain baik ayat al-Qur’ān maupun
Hadis tentang al-Asmā’u al-¦usnā!
B. Memahami makna al-Asmā’u al-¦usnā: al-Kar3m, al-Mu’m3n, al-Wak3l, al-
Mat3n, al-Jāmi’, al-‘Adl, dan al-Ākhir. Mari pelajari dan pahami satu-persatu
asmā’ul husna tersebut!
1. Al-Kar3m
Secara bahasa, al-Kar3m
mempunyai arti Yang Mahamulia,
Yang Maha Dermawan atau Yang
Maha Pemurah. Secara istilah,
al-Kar3m diartikan bahwa Allah
Swt. Yang Mahamulia lagi Maha
Pemurah yang memberi anugerah
atau rezeki kepada semua makhluk-
Nya. Dapat pula dimaknai sebagai
Zat yang sangat banyak memiliki
kebaikan, Maha Pemurah, Pemberi
Nikmat dan keutamaan, baik ketika
diminta maupun tidak. Hal tersebut
sesuai dengan firman-Nya:
Artinya: “Hai manusia apakah yang telah memperdayakanmu terhadap
Tuhan Yang Maha Pemurah?” (Q.S. al-Infi ̄ār:6)
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 5
Al-Kar3m dimaknai Maha Pemberi karena Allah Swt. senantiasa memberi,
tidak pernah terhenti pemberian-Nya. Manusia tidak boleh berputus asa dari
kedermawanan Allah Swt. jika miskin dalam harta, karena kedermawanan-
Nya tidak hanya dari harta yang dititipkan melainkan meliputi segala hal.
Manusia yang berharta dan dermawan hendaklah tidak sombong jika telah
memiliki sifat dermawan karena Allah Swt. tidak menyukai kesombongan.
Dengan demikian, bagi orang yang diberikan harta melimpah maupun tidak
dianugerahi harta oleh Allah Swt., keduanya harus bersyukur kepada-Nya
karena orang yang miskin pun telah diberikan nikmat selain harta.
Al-Kar3m juga dimaknai Yang Maha Pemberi Maaf karena Allah Swt.
memaafkan dosa para hamba yang lalai dalam menunaikan kewajiban kepada
Allah Swt., kemudian hamba itu mau bertaubat kepada Allah Swt. Bagi hamba
yang berdosa, Allah Swt. adalah Yang Maha Pengampun. Dia akan mengampuni
seberapa pun besar dosa hamba-Nya selama ia tidak meragukan kasih sayang
dan kemurahan-Nya.
Menurut imam al-Gazali, al-Kar3m adalah Dia yang apabila berjanji,
menepati janjinya, bila memberi, melampaui batas harapan, tidak peduli
berapa dan kepada siapa Dia memberi dan tidak rela bila ada kebutuhan dia
memohon kepada selain-Nya, meminta pada orang lain. Dia yang bila kecil
hati menegur tanpa berlebih, tidak mengabaikan siapa yang menuju dan
berlindung kepada-Nya, dan tidak membutuhkan sarana atau perantara.
2. Al-Mu’m3n
Al-Mu’m3n secara bahasa berasal dari kata amina yang berarti pembenaran,
ketenangan hati, dan aman. Allah Swt. al-Mu’m3n artinya Dia Maha Pemberi
rasa aman kepada semua makhluk-Nya, terutama kepada manusia. Dengan
begitu, hati manusia menjadi tenang. Kehidupan ini penuh dengan berbagai
permasalahan, tantangan, dan cobaan. Jika bukan karena Allah Swt. yang
memberikan rasa aman dalam hati, niscaya kita akan senantiasa gelisah,
takut, dan cemas. Perhatikan firman Allah Swt. berikut!
Artinya: “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman
mereka dengan syirik, mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman
dan mereka mendapat petunjuk.” (Q.S. al-An’ām/6:82)
Ketika kita akan menyeru dan berdoa kepada Allah Swt. dengan nama-
Nya al-Mu’m3n, berarti kita memohon diberikan keamanan, dihindarkan dari
fitnah, bencana dan siksa. Karena Dialah Yang Maha Memberikan keamanan,
6 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK
Dia yang Maha Pengaman. Dalam nama al-Mu’m3n terdapat kekuatan yang
dahsyat dan luar biasa. Ada pertolongan dan perlindungan, ada jaminan
(insurense), dan ada bala bantuan.
Berżikir dengan nama Allah
Swt. al-Mu’m3n di samping me-
numbuhkan dan memperkuat
keyakinan dan keimanan kita, bahwa
keamanan dan rasa aman yang
dirasakan manusia sebagai makhluk
adalah suatu rahmat dan karunia
yang diberikan dari sisi Allah Swt.
Sebagai al-Mu’m3n, yaitu Tuhan
Yang Maha Pemberi Rasa Aman
juga terkandung pengertian bahwa
sebagai hamba yang beriman,
seorang mukmin dituntut mampu
menjadi bagian dari pertumbuhan
dan perkembangan rasa aman
terhadap lingkungannya.
Mengamalkan dan meneladani al-Asmā’u al-¦usnā al-Mu’m3n, artinya
bahwa seorang yang beriman harus menjadikan orang yang ada di sekelilingnya
aman dari gangguan lidah dan tangannya. Berkaitan dengan itu, Rasulullah
saw. bersabda: “Demi Allah tidak beriman. Demi Allah tidak beriman. Demi
Allah tidak beriman. Para sahabat bertanya, ‘Siapa ya Rasulullah saw.?’
Rasulullah saw. menjawab, ‘Orang yang tetangganya merasa tidak aman dari
gangguannya.’” (H.R. Bukhari dan Muslim).
3. Al-Wak3l
Kata “al-Wak3l” mengandung arti Maha Mewakili atau Pemelihara. Al-Wak3l
(Yang Maha Mewakili atau Pemelihara), yaitu Allah Swt. yang memelihara
dan mengurusi segala kebutuhan makhluk-Nya, baik itu dalam urusan dunia
maupun urusan akhirat. Dia menyelesaikan segala sesuatu yang diserahkan
hambanya tanpa membiarkan apa pun terbengkalai. Firman-Nya dalam al-
Qur’ān:
Artinya: “Allah Swt. pencipta segala sesuatu dan Dia Maha Pemelihara
atas segala sesuatu.” (Q.S. az-Zumar/39:62)
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 7
Dengan demikian, orang yang mempercayakan segala urusannya kepada
Allah Swt., akan memiliki kepastian bahwa semua akan diselesaikan dengan
sebaik-baiknya. Hal itu hanya dapat dilakukan oleh hamba yang mengetahui
bahwa Allah Swt. yang Mahakuasa, Maha Pengasih adalah satu-satunya yang
dapat dipercaya oleh para hamba-Nya. Seseorang yang melakukan urusannya
dengan sebaik-baiknya dan kemudian akan menyerahkan segala urusan
kepada Allah Swt. untuk menentukan karunia-Nya.
Menyerahkan segala urusan
hanya kepada Allah Swt. melahirkan
sikap tawakkal. Tawakkal bukan
berarti mengabaikan sebab-sebab
dari suatu kejadian. Berdiam
diri dan tidak peduli terhadap
sebab itu dan akibatnya adalah
sikap malas. Ketawakkalan dapat
diibaratkan dengan menyadari
sebab-akibat. Orang harus berusaha
untuk mendapatkan apa yang
diinginkannya. Rasulullah saw.
bersabda, “Ikatlah untamu dan
bertawakkallah kepada Allah Swt.”
Manusia harus menyadari bahwa semua usahanya adalah sebuah doa yang
aktif dan harapan akan adanya pertolongan-Nya. Allah Swt. berfirman yang
artinya, “(Yang memiliki sifat-sifat yang) demikian itu ialah Allah Swt. Tuhan
kamu; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; Pencipta segala
sesuatu, maka sembahlah Dia dan Dia adalah Pemelihara segala sesuatu.“
(Q.S. al-An’ām/6:102)
Hamba al-Wak3l adalah yang bertawakkal kepada Allah Swt. Ketika hamba
tersebut telah melihat “tangan” Allah Swt. dalam sebab-sebab dan alasan
segala sesuatu, dia menyerahkan seluruh hidupnya di tangan al-Wak3l.
4. Al-Mat3n
Al-Mat3n artinya Mahakukuh. Allah Swt. adalah Mahasempurna dalam
kekuatan dan kekukuhan-Nya. Kekukuhan dalam prinsip sifat-sifat-Nya. Allah
Swt. juga Mahakukuh dalam kekuatan-kekuatan-Nya. Oleh karena itu, sifat
al-Matin adalah kehebatan perbuatan yang sangat kokoh dari kekuatan yang
tidak ada taranya. Dengan begitu, kekukuhan Allah Swt. yang memiliki rahmat
dan azab terbukti ketika Allah Swt. memberikan rahmat kepada hamba-
hamba-Nya. Tidak ada apa pun yang dapat menghalangi rahmat ini untuk tiba
kepada sasarannya. Demikian juga tidak ada kekuatan yang dapat mencegah
pembalasan-Nya.
Seseorang yang menemukan
kekuatan dan kekukuhan Allah
Swt. akan membuatnya menjadi
manusia yang tawakkal, memiliki
kepercayaan dalam jiwanya dan
tidak merasa rendah di hadapan
manusia lain. Ia akan selalu merasa
rendah di hadapan Allah Swt. Hanya
Allah Swt. yang Maha Menilai. Oleh
karena itu, Allah Swt. melarang
manusia bersikap atau merasa lebih
dari saudaranya. Karena hanya Allah
Swt. yang Maha Mengetahui baik
buruknya seorang hamba. Allah
Swt. juga menganjurkan manusia bersabar. Karena Allah Swt. Mahatahu apa
yang terbaik untuk hamba-Nya. Kekuatan dan kekukuhan-Nya tidak terhingga
dan tidak terbayangkan oleh manusia yang lemah dan tidak memiliki daya
upaya. Jadi, karena kekukuhan-Nya, Allah Swt. tidak terkalahkan dan tidak
tergoyahkan. Siapakah yang paling kuat dan kukuh selain Allah Swt? Tidak
ada satu makhluk pun yang dapat menundukkan Allah Swt. meskipun seluruh
makhluk di bumi ini bekerja sama. Allah Swt. berfirman:
Artinya: “Sungguh Allah Swt., Dialah pemberi rezeki yang mempunyai
kekuatan lagi sangat kukuh.” (Q.S. aż-Żāriyāt/51:58)
Dengan demikian, akhlak kita terhadap sifat al-Mat3n adalah dengan
beristiqamah (meneguhkan pendirian), beribadah dengan kesungguhan hati,
tidak tergoyahkan oleh bisikan menyesatkan, terus berusaha dan tidak putus
asa serta bekerja sama dengan orang lain sehingga menjadi lebih kuat.
5. Al-Jāmi’
Al-Jāmi’ secara bahasa artinya Yang Maha Mengumpulkan/Menghimpun,
yaitu bahwa Allah Swt. Maha Mengumpulkan/Menghimpun segala sesuatu
yang tersebar atau terserak. Allah Swt. Maha Mengumpulkan apa yang
dikehendaki-Nya dan di mana pun Allah Swt. berkehendak.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 9
Penghimpunan ini ada berbagai macam bentuknya, di antaranya adalah
mengumpulkan seluruh makhluk yang beraneka ragam, termasuk manusia
dan lain-lainnya, di permukaan bumi ini dan kemudian mengumpulkan
mereka di padang mahsyar pada hari kiamat. Allah Swt. berfirman:
Artinya: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia
untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya”.
Sesungguhnya Allah Swt. tidak menyalahi janji.”(Q.S. Ali Imrān/3:9).
Allah Swt. akan menghimpun manusia di akhirat kelak sama dengan orang-
orang yang satu golongan di dunia. Hal ini bisa dijadikan sebagai barometer,
kepada siapa kita berkumpul di dunia itulah yang akan menjadi teman kita di
akhirat. Walaupun kita berjauhan secara fisik, akan tetapi hati kita terhimpun,
di akhirat kelak kita juga akan terhimpun dengan mereka. Begitupun sebaliknya
walaupun kita berdekatan secara fisik akan tetapi hati kita jauh, maka kita
juga tidak akan berkumpul dengan mereka.
Oleh sebab itu, apabila di dunia
hati kita terhimpun dengan orang-
orang yang selalu memperturutkan
hawa nafsunya, di akhirat kelak kita
akan berkumpul dengan mereka di
dalam neraka. Karena orang-orang
yang selalu memperturutkan hawa
nafsunya, tempatnya adalah di neraka.
Begitupun sebaliknya, apabila
kecenderungan hati kita terhimpun
dengan orang-orang yang beriman,
bertakwa dan orang-orang saleh,
di akhirat kelak kita juga akan
terhimpun dengan mereka. Karena
tidaklah mungkin orang-orang beriman hatinya terhimpun dengan orang-
orang kafir dan orang-orang kafir juga tidak mungkin terhimpun dengan
orang-orang beriman.
Allah Swt. juga mengumpulkan di dalam diri seorang hamba ada yang lahir
di anggota tubuh dan hakikat batin di dalam hati. Barang siapa yang sempurna
ma’rifatnya dan baik tingkah lakunya, maka ia disebut juga sebagai al-Jāmi’.
Dikatakan bahwa al-Jāmi’ ialah orang yang tidak padam cahaya ma’rifatnya.
6. Al-‘Adl
Al-‘Adl artinya Mahaadil. Keadilan Allah Swt. bersifat mutlak, tidak
dipengaruhi oleh apa pun dan oleh siapa pun. Keadilan Allah Swt. juga didasari
dengan ilmu Allah Swt. yang MahaLuas. Sehingga tidak mungkin keputusan-
Nya itu salah. Allah Swt. berfirman:
Artinya : “Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (al-Qur’ān, sebagai kalimat
yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat mengubah kalimat-kalimat-
Nya dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. al-
An’ām/6:115).
Al-‘Adl berasal dari kata ‘adala yang berarti lurus dan sama. Orang yang
adil adalah orang yang berjalan lurus dan sikapnya selalu menggunakan
ukuran yang sama, bukan ukuran ganda. Persamaan inilah yang menunjukkan
orang yang adil tidak berpihak kepada salah seorang yang berselisih. Adil juga
dimaknai sebagai penempatan sesuatu pada tempat yang semestinya.
Allah Swt. dinamai al-‘Adl karena keadilan Allah Swt. adalah sempurna.
Dengan demikian semua yang diciptakan dan ditentukan oleh Allah Swt. sudah
menunjukkan keadilan yang sempurna. Hanya saja, banyak di antara kita yang
tidak menyadari atau tidak mampu menangkap keadilan Allah Swt. terhadap
apa yang menimpa makhluk-Nya. Karena itu, sebelum menilai sesuatu itu adil
atau tidak, kita harus dapat memperhatikan dan mengetahui segala sesuatu
yang berkaitan dengan kasus yang akan dinilai. Akal manusia tidak dapat
menembus semua dimensi tersebut. Seringkali ketika manusia memandang
sesuatu secara sepintas dinilainya buruk, jahat, atau tidak adil, tetapi jika
dipandangnya secara luas dan menyeluruh, justru sebaliknya, merupakan
suatu keindahan, kebaikan, atau keadilan. Tahi lalat secara sepintas terlihat
buruk, namun jika berada di tengah-tengah wajah seseorang dapat terlihat
indah. Begitu juga memotong kaki seseorang (amputasi) terlihat kejam,
namun ketika dikaitkan dengan penyakit yang mengharuskannya untuk
dipotong, hal tersebut merupakan suatu kebaikan. Di situlah makna keadilan
yang tidak gampang menilainya.
Allah Swt. Mahaadil. Dia menempatkan semua manusia pada posisi yang
sama dan sederajat. Tidak ada yang ditinggikan hanya karena keturunan,
kekayaan, atau karena jabatan. Dekat jauhnya posisi seseorang dengan Allah
Swt. hanya diukur dari seberapa besar mereka berusaha meningkatkan
takwanya. Makin tinggi takwa seseorang, makin tinggi pula posisinya, makin
mulia dan dimuliakan oleh Allah Swt., begitupun sebaliknya.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 11
Sebagian dari keadilan-Nya, Dia
hanya menghukum dan memberi
sanksi kepada mereka yang
terlibat langsung dalam perbuatan
maksiat atau dosa. Istilah dosa
turunan, hukum karma, dan lain
semisalnya tidak dikenal dalam
syari’at Islam. Semua manusia
di hadapan Allah Swt. akan
mempertanggungjawabkan dirinya
sendiri.
Lebih dari itu, keadilan Allah Swt.
selalu disertai dengan sifat kasih
sayang. Dia memberi pahala sejak
seseorang berniat berbuat baik
dan melipatgandakan pahalanya jika kemudian direalisasikan dalam amal
perbuatan. Sebaliknya, Dia tidak langsung memberi catatan dosa selagi masih
berupa niat berbuat jahat. Sebuah dosa baru dicatat apabila seseorang telah
benar-benar berlaku jahat.
7. Al-Ākhir
Al-Ākhir artinya Yang Mahaakhir yang tidak ada sesuatu pun setelah
Allah Swt. Dia Mahakekal tatkala semua makhluk hancur, Mahakekal
dengan kekekalan-Nya. Adapun kekekalan makhluk-Nya adalah kekekalan
yang terbatas, seperti halnya kekekalan surga, neraka, dan apa yang ada di
dalamnya. Surga adalah makhluk yang Allah Swt. ciptakan dengan ketentuan,
kehendak, dan perintah-Nya. Nama ini disebutkan di dalam firman-Nya:
Artinya: “Dialah Yang Awal dan Akhir Yang ̈ahir dan Yang Batin, dan Dia
Maha Mengetahui segala sesuatu “. (Q.S. al-¦ad3d/57:3).
Allah Swt. berkehendak untuk menetapkan makhluk yang kekal dan yang
tidak, namun kekekalan makhluk itu tidak secara zat dan tabi’at. Karena secara
tabi’at dan zat, seluruh makhluk ciptaan Allah Swt. adalah fana (tidak kekal).
Sifat kekal tidak dimiliki oleh makhluk, kekekalan yang ada hanya sebatas
kekal untuk beberapa masa sesuai dengan ketentuan-Nya.
Orang yang mengesakan al-Ākhir akan menjadikan Allah Swt.
sebagai satu-satunya tujuan hidup yang tiada tujuan hidup selain-
Nya, tidak ada permintaan kepada selain-Nya, dan segala kesudahan
tertuju hanya kepada-Nya. Oleh sebab itu, jadikanlah akhir kesudahan
12 Kelas X SMA/MA/SMK/MAK
kita hanya kepada-Nya. Karena
sungguh akhir kesudahan hanya
kepada Rabb kita, seluruh sebab
dan tujuan jalan akan berujung ke
haribaan-Nya semata.
Orang yang mengesakan
al-Ākhir akan selalu merasa
membutuhkan Rabb-nya, ia akan
selalu mendasarkan apa yang
diperbuatnya kepada apa yang telah
ini ia idam-idamkan. Maka, untuk menyelamatkan calon bayinya tersebut, diam-
Sumber: Kemdikbud
ditetapkan oleh Allah Swt. untuk
hamba-Nya, karena ia mengetahui
bahwa Allah Swt. adalah pemilik
segala kehendak, hati, dan niat.
Aktivitas 4:
Kamu tentu telah memahami makna al-Kar3m, al-Mu’m3n, al-Wak3l, al-Matin,
al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Ākhir. Carilah ayat-ayat al-Qur’ān atau hadis Nabi yang
menjelaskan sifat Allah dalam al-Asmā’u al-¦usnā: al-Kar3m, al-Mu’m3n, al-Wak3l,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Ākhir!
Pesan-Pesan Mulia
Nabi Ibrahim as. adalah putra Azar. Ia dilahirkan di wilayah Kerajaan Babylonia
yang saat itu diperintah oleh Raja Namrud. Namrud adalah raja yang sangat sombong
yang mengaku dirinya adalah Tuhan. Raja Namrud juga dikenal sangat kejam kepada
siapa saja yang menentang kekuasaannya.
Suatu saat ia bermimpi. Dalam mimpinya itu, ia melihat seorang anak laki-
laki yang memasuki kamarnya kemudian mengambil mahkotanya. Maka, ia pun
memanggil tukang ramal yang sangat terkenal untuk mengartikan mimpinya
tersebut. Tukang ramal mengartikan bahwa anak yang hadir dalam mimpinya
tersebut kelak akan meruntuhkan kerajaannya. Mendengar hal tersebut, Namrud
murka. Diperintahkannya kepada seluruh tentara kerajaan agar membunuh setiap
bayi laki-laki yang dilahirkan.
Azar yang istrinya saat itu sedang mengandung bayi yang kelak adalah Ibrahim
begitu khawatir akan keselamatan bayi yang dikandung istrinya tersebut. Ia khawatir
bahwa bayi yang ada dalam perut istrinya adalah seorang bayi laki-laki yang selama
Gambar 1.8
Kisah Nabi Ibrahim as. Mencari Tuhan
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 13
diam ia mengajak istrinya ke dalam sebuah gua yang jauh dari keramaian. Di gua
itulah kemudian bayi Ibrahim dilahirkan. Agar tidak diketahui oleh khalayak ramai,
Azar dan istrinya meninggalkan Ibrahim yang masih bayi di dalam gua dan sesekali
datang untuk melihat keadaannya. Hal itu terus dilakukukan hingga Ibrahim menjadi
anak kecil yang tumbuh sehat dan kuat atas izin Allah Swt. Bagaimana Ibrahim dapat
hidup di dalam gua, padahal tidak ada makanan dan minuman yang diberikan?
Jawabannya karena Allah Swt. menganugerahkan Ibrahim untuk menghisap jari
tangannya yang dari situ keluarlah air susu yang sangat baik. Itulah mukjizat pertama
yang diberikan Allah kepada Nabi Ibrahim as.
Lama hidup di dalam gua tentu membuat Ibrahim sangat terbatas pengetahuannya
tentang alam sekitar. Maka, di saat terdapat kesempatan untuk keluar dari gua,
Ibrahim pun melakukannya. Betapa terkejutnya ia, ternyata alam di luar gua begitu
luas dan indah. Di dalam ketakjubannya itu, Ibrahim berpikir bahwa alam yang luas
dan indah berikut isinya termasuk manusia, pasti ada yang menciptakannya. Maka,
Nabi Ibrahim berjalan untuk mencari Tuhan. Ia mengamati lingkungan sekelilingnya.
Namun, ia tidak menemukan sesuatu yang membuatnya kagum dan merasa harus
dijadikan Tuhannya.
Di siang hari, Ibrahim melihat cerahnya matahari menyinari bumi. Ia berpikir,
mungkin matahari adalah tuhan yang ia cari. Tetapi ketika senja datang dan matahari
tenggelam di ufuknya, gugurlah keyakinan Ibrahim akan matahari sebagai tuhan.
Sampai akhirnya, malam pun datang menjelang. Bintang di langit bermunculan
dengan indahnya. Sinarnya berkelap-kelip membuat suasana malam menjadi
lebih indah dan cerah. “Apakah ini Tuhan yang aku cari?” Kata Ibrahim dengan
gembira. Ditatapnya bintang-bintang itu dengan penuh rasa bangga. Tapi ternyata,
ketika malam beranjak pagi, bintang-bintang itu pun beranjak satu per satu.
Dengan pandangan kecewa, Nabi Ibrahim melihat satu per satu bintang-bintang
itu menghilang. “Aku tidak menyukai Tuhan yang bisa menghilang dan tenggelam
karena waktu,” gumamnya dengan perasaan kecewa.
Nabi Ibrahim pun mencoba mencari Tuhan yang lain. Memasuki malam berikutnya,
bulan pun muncul dan bersinar memancarkan cahayanya yang keemasan. Ia pun
menduga, “Inikah Tuhan yang aku cari?” Maka, ketika pagi datang menjelang, bulan
pun hilang tanpa alasan. Seperti halnya terhadap matahari dan bintang, Ibrahim
pun memastikan bahwa bukanlah matahari, bintang, dan bulan yang menjadi Tuhan
untuk disembah, tetapi pasti ada satu kekuatan Yang Mahaperkasa dan Mahaagung
yang menggerakkan dan menghidupkan semua yang ada. Ibrahim pun menyimpulkan
bahwa Tuhan tidak lain adalah Allah Swt.
Ketika keyakinan Nabi Ibrahim as. kepada Allah Swt. betul-betul merasuki
jiwanya, mulailah ia mengajak orang-orang di sekitarnya untuk meninggalkan
penyembahan terhadap berhala yang tiada memiliki kekuatan apa pun. Dan tidak
pula memberi manfaat. Orang pertama yang ia ajak untuk hanya menyembah Allah
Swt. adalah Azar, ayahnya yang berprofesi sebagai pembuat patung untuk disembah.
Mendengar ajakan Ibrahim, Azar marah karena apa yang dilakukannya semata-mata
apa yang sudah dilakukan oleh nenek moyangnya dahulu. Azar meminta Ibrahim
untuk tidak menghina dan melecehkan berhala yang seharusnya ia sembah. “Wahai
saudaraku! Patung-patung itu hanyalah buatan manusia yang tidak dapat bergerak
dan tidak memberi manfaat sedikitpun. Mengapa kalian sembah dengan memohon
kepadanya?” Demikian ajakan Ibrahim kepada umatnya. Akan tetapi, kaumnya
tidak mau mendengarkan dan mengikuti ajakan Nabi Ibrahim as., bahkan mereka
mencemooh dan memaki Ibrahim.
Menyadari bahwa ajakannya untuk menyembah hanya kepada Allah Swt. tidak
mendapatkan respons dari umatnya, Nabi Ibrahim as. mengatur cara bagaimana
melakukan dakwah secara cerdas dan lebih efektif. Maka, tatkala seluruh penduduk
negeri termasuk Raja Namrud pergi untuk berburu, Nabi Ibrahim masuk ke dalam
kuil penyembahan berhala kemudian menghancurkan semua berhala yang ada
dengan sebuah kapak besar yang telah disiapkan. Semua berhala hancur kecuali
berhala yang paling besar yang ia sisakan. Pada berhala besar itu, ia gantungkan
kapak di lehernya.
Sekembalinya dari perburuan, semua penduduk negeri termasuk Namrud,
terkejut luar biasa. Mereka dengan sangat marah mencari tahu siapa yang berani
melakukan perbuatan tersebut. Mengetahui bahwa Ibrahimlah satu-satunya lelaki
yang tidak ikut serta dalam perburuan, Raja memerintahkan semua tentara untuk
memanggil dan menangkap Ibrahim untuk dihadapkan kepada dirinya. Sesampainya
di hadapan Raja Namrud, Ibrahim berdiri dengan tegak dan penuh percaya diri.
“Hai Ibrahim, apakah kamu yang menghancurkan berhala-berhala itu?” tanya
Raja Namrud.
“Tidak, saya tidak melakukannya,” jawab Ibrahim as.
“Jangan mengelak, wahai Ibrahim, bukankah kamu satu-satunya orang yang
berada di negeri saat semuanya pergi berburu?” sergah Raja Namrud.
“Sekali lagi tidak! Bukan aku yang melakukannya, tapi berhala besar itu yang
melakukannya,” jawab Ibrahim as. dengan tenang.
Mendengar pernyataan Nabi Ibrahim, Raja Namrud marah seraya berkata, “Mana
mungkin berhala yang tidak dapat bergerak engkau tuduh sebagai penghancur
berhala lainnya?”
Mendengar pertanyaan Raja Namrud, Ibrahim as. tersenyum kemudian berkata,
“Sekarang Anda tahu dan Anda yang mengatakannya sendiri bahwa berhala-berhala
itu tidak dapat bergerak dan memberikan bantuan apa-apa. Lalu, mengapa Anda
sembah ia?”
Mendengar jawaban Ibrahim as. yang tidak disangka-sangka, Namrud sebetulnya
menyadari hal tersebut. Namun, karena kebodohan dan kesombongannya, ia tetap
saja tidak memedulikan argumentasi Ibrahim as. Ia kemudian memerintahkan
semua tentaranya untuk membakar Ibrahim hidup-hidup sebagai hukuman atas
perlakuannya kepada berhala-berhala yang mereka sembah.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 15
Setelah semua persiapan untuk membakar Ibrahim as. telah lengkap,
dilemparkanlah ia ke dalam api yang berkobar sangat besar dan panas. Apa yang
terjadi kemudian? Allah Swt. menunjukkan kemahakuasaan-Nya dengan meminta
api agar dingin untuk menyelamatkan Ibrahim as. Maka, api pun dingin sehingga
tidak sedikit pun Ibrahim as. terluka karenanya. Itulah mu’jizat terbesar yang diterima
oleh Nabi Ibrahim, yaitu tidak terluka saat dibakar dengan api yang sangat panas.
Selengkapnya silahkan download di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar